Gurita Hidup: Makanan di Korea Selatan

846 views 4:15 pm 0 Comments Juli 3, 2023
Makan gurita hidup, atau yang dikenal sebagai sannakji, adalah praktik makan yang memiliki akar sejarah di Korea Selatan

Korea Selatan dikenal dengan kebudayaannya yang kaya dan unik. Salah satu aspek menarik dari budaya Korea Selatan adalah kebiasaan makan mereka yang mencakup berbagai jenis hidangan yang unik dan menarik. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi salah satu tradisi yang kontroversial yaitu makan gurita hidup. Mari kita memahami latar belakang, kontroversi, dan pengalaman makan gurita hidup yang berbeda di Korea Selatan.

Makan gurita hidup, atau yang dikenal sebagai sannakji, adalah praktik makan yang memiliki akar sejarah di Korea Selatan. Praktik ini biasanya dilakukan dengan mengonsumsi gurita yang masih hidup atau baru mati seketika. Konon, mengonsumsi gurita hidup dianggap memberikan sensasi dan pengalaman makan yang unik.

Kebanyakan orang Korea Selatan yang makan gurita ini melakukannya dalam konteks sosial, seperti acara makan malam bersama teman-teman atau rekan kerja. Aktivitas ini dianggap sebagai bentuk menguji keberanian dan menikmati sensasi makan yang berbeda.

Kontroversi dan Etika

Praktik makan ini menjadi kontroversial karena memunculkan pertanyaan tentang etika dan perlindungan hewan. Banyak orang yang mengkritik praktik ini karena dianggap tidak manusiawi dan menyebabkan penderitaan pada hewan. Makan gurita hidup juga dapat menimbulkan risiko tersedak atau cedera karena gerakan yang kuat dari gurita yang mencoba melarikan diri.

Namun, ada juga pendukung praktik ini yang berargumen bahwa gurita mati seketika setelah dikonsumsi dan tidak merasakan rasa sakit. Mereka berpendapat bahwa ini adalah bagian dari warisan budaya yang harus dihormati dan diapresiasi.

Pengalaman Makan Gurita Hidup

Bagi mereka yang tertarik untuk mencoba makan hewan ini di Korea Selatan, ada beberapa pengalaman yang berbeda yang dapat ditemui. Salah satu tempat terkenal untuk mencoba sannakji adalah di pasar makanan laut Noryangjin di Seoul. Di sini, Anda dapat memilih gurita yang segar dari akuarium dan menyaksikan proses pemotongan dan penyajian langsung di depan Anda.

Ketika Anda mencicipi hewan ini hidup-hidup, sensasi dan rasa makanan yang unik bisa menjadi pengalaman yang luar biasa. Gurita yang masih hidup akan memberikan tekstur kenyal dan sensasi bergerak di mulut Anda. Rasanya yang segar dan kuat akan memikat lidah Anda.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mencoba makan. Pastikan Anda mengikuti instruksi yang diberikan oleh ahli makanan atau pelayan yang berpengalaman. Perhatikan ukuran gigitan Anda agar tidak ada risiko tersedak. Selain itu, sebaiknya hindari minuman beralkohol saat makan karena dapat meningkatkan risiko cedera.

Tag: , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *